Selasa, 03 Juni 2014

Tahu Aci

at 21.52  |  1 comment


Tahu  Aci? Siapa yang tidak mengenalnya? Tahu Aci ini khas dari daerah Kabupaten Tegal. Hampir setiap pinggir jalan banyak penjual yang menjajakannya. Bahkan hingga pedagang asongan yang biasa menjajakan makanan di dalam bus. Orang luar/ yang bukan dari Tegal biasanya menyebutnya dengan Tahu Tegal atau Tahu Kuping.
Tahu aci itu terbuat dari tahu kuning yang berbentuk persegi empat yang kemudian nantinya dibelah dua secara melintang. Kemduian dari bekas belahannya tersebut di beri adonan yang terbuat dari tepung kanji (aci), potongan daun kocai, dan beberapa bumbu lainnya.
Mungkin kita terheran-heran mengapa Tahu Aci tersebut banyak diminati oleh penggemarnya. Menurut hasil pantauan InfoTegal dan dari nara sumber, yang membuat tahu aci tersebut enak adalah:
  • Tahu Kuningnya. Tahu ini ternyata hanya banyak terdapat di daerah Tegal. Apabila di daerah lain, antara tahu dengan adonannya tidak akan melekat dengan baik. Sehingga gampang lepas.
  • Cara penggorengannya. Menggunakan minyak goreng yang cukup banyak dengan menggunakan kompor minyak dengan api yang besar. Sehingga wajan yang digunakan pun harus besar. Api yang besar ini yang membuat tahu menjadi mengembang.
  • Minyak gorengnya. Semakin sering digunakan untuk mennggoreng tahu aci, minyak gorengnya ini juga ternyata akan membuat tahu menjadi lebih lezat :D.
Tahu Aci ini biasanya menjadi oleh-oleh yang paling diminati oleh ibu-ibu. rata-rata mereka membeli Tahu Aci yang masih mentah namun sudah diberi adonan. Sehingga tinggal menggorengnya saja.
Ada juga yang namanya Tahu Pletok, sebenarnya itu adalah Tahu Aci yang sudah digoreng, kemudian dibelah-belah (namun belahannya tidak sampai putus) dan digoreng kembali hingga agak kering.
Sangkin terkenalnya Tahu Aci, Pemkab Tegal sampai membuat patung Tahu Aci di perempatan Slawi Pos. Namun lokasinya tertutup oleh tanaman dan bendera partai.

Share
Posted by Unknown
About the Author

Write admin description here..

1 komentar:

    Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © 2014 Tegal Moncer. Design by Bloggerthemes
Powered by Blogger.