Senin, 09 Juni 2014

Metikan Pangkah

at 21.32  |  No comments



Metikan diambil dari kata dasar petik. Metikan sendiri merupakan sebuah hiburan atau pesta rakyat yang digelar setiap tahunnya sebelum PG Pangka menjalankan giling tebu memproduksi gula. Sejak jaman kolonial Belanda, acara metikan memang sudah digelar. Setiap menjelang musim giling pabrik gula, diadakan acara selamatan giling yang diiringi oleh hiburan atau pesta rakyat untuk karyawan dan masyarakat sekitaran lokasi pabrik gula.
Hiburan yang disediakan dalam metikan ini antara lain pasar malam yang menjual beraneka ragam kebutuhan sandang, pangan dan papan untuk masyarakat sekitar dan sering dijadikan sebagai ajang bisnis para pengusaha dan pedangan untuk menjual produk mereka. Mulai dari obral pakaian, jajanan khas yang diantaranya banyak pedagang martabak baik martabak manis maupun telur membuka lapak gerobak disepanjang jalan menuju areal metikan, pedagang perabot rumah tangga, mainan anak, komedi putar, biang lala, tong setan, karaoke, rumah hantu, dll. Bahkan sekitar tahun 90-an, pemutaran hiburan film layar tancep masih booming dan paling ditunggu-tunggu di acara metikan. Sekarang ini, hiburan untuk penutupan metikan digantikan oleh wayang kulit, wayang golek, band performance, bahkan organ tunggal.
Biasanya metikan diadakan kurang lebih selama 15 hari pada sekitaran bulan April hingga bulan Mei setiap tahunnya. Dari sini metikan seperti sebuah magnet karena mampu menarik banyak pengunjung dari luar desa, luar kabupaten bahkan luar Kota Tegal. Antusiasme pengunjung yang membludak setiap tahunnya ini yang mempuat panitia metikan menyediakan tempat berupa kapling-kapling yang disewakan sebagai stand pasar malam di sekitaran PG Pangka. Gak ketinggalan juga keamaan yang dipadu dari Aparat Pemerintah maupuan karang taruna seperti Polsek Pangkah, Koramil, Pamong Praja Kecamatan sampai Hansip demi kelancaran dan keamanan acara metikan.
Metikan tidak hanya diselenggarakan di Pangkah, namun juga di Jatibarang, Kabupaten Brebes dengan waktu pelaksanaan yang relatif berurutan. Sebagaimana kita ketahui, di Brebes juga mempunyai pabrikgula, PG Jatibarang, masih erat kaitannya dengan PG Pangka.

Share
Posted by Unknown
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © 2014 Tegal Moncer. Design by Bloggerthemes
Powered by Blogger.